Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado Siar

Warga Manado Semarak Sambut Paskah

Redaksi Manado Today   |   16 April 2011 – 21:53 WITA

Manado Today – Ornamen Paskah seperti lampion dan salib berwarna merah mulai marak di Kota Manado, seiring dengan persiapan menyambut perayaan kematian dan kebangkitan Kristus yang dirayakan umat Nasrani.
“Ini sudah menjadi tradisi bagi umat Kristiani ketika menyambut Jumat Agung dan Paskah, dengan menghadirkan ornamen seperti itu,” kata Justus, salah satu jemaat GMIM Getsemani Sario Manado, Sabtu.
Sejumlah jemaat bersama-sama bergotong royon memasang berbagai ornamen Paskah di setiap sudut jalan dan rumah warga, sehingga terkesan indah dan menarik.
Ornamen Paskah itu lebih menarik ketika dilihat pada malam harinya, karena dihiasi dengan berbagai warna warni lampu.
Beberapa lokasi yang banyak memamerkan ornamen Paskah itu, seperti di Kelurahan Malalayang, Tingkulu, Taas, Bahu, Batukota, Winangun, Sario, Tikala, Teling, Kombos, Perkamil dan sebagainya.
Seperti yang dilakukan juga di beberapa jemaat GMIM Bethesa Taas Manado, telah dilakukan “Jalan Salib” atau “via dolorosa”, dimana menghadirkan semua ornamen Paskah yang ada. Seperti Salib raksasa, Lampion serta ornamen-ornamen simbol Paskah lainnya.
Sepanjang jalan yang melewati rumah penduduk dihias dengan sejumlah salib dari berbagai ukuran dan dihiasi lampu-lampu hias, membuat warga menarik untuk melihatnya.
“Biasanya lampion dan salib tidak selamanya kami beli di pertokoan, tetapi ada ide kreatif yang timbul dari kami sendiri,” ujar Yantje, salah satu warga Taas.
Menurutnya, para jemaat bersama-sama mengumpulkan botol sisa minuman air mineral seperti dan sebagainya, kemudian dibuat salib dan lampion serta di cat berwarna merah.
Di dalam botol air mineral itu juga sudah diisi terlebih dahulu dengan balon lampu yang kemudian disatukan dengan aliran listrik, sehingga pada malam harinya terlihat menarik. Bahkan ada juga yang memilih membeli hiasan lampu yang telah dirangkai dan siap digunakan dengan menyambungkannya ke aliran listrik. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading