Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Warga Minta Dugaan Pungli Pelabuhan Perikanan Bitung Ditertibkan

Aldy Monareh   |   28 Februari 2012 – 21:47 WITA

Bitung, (manadotoday.com) – Pungutan liar yang diduga dilakukan oleh oknum jajaran Pelabuhan Perikanan diminta sejumlah warga agar ditertibkan. Pasalnya kendaraan roda dua yang hendak masuk di area pelabuhan Perikanan dipungut retribusi hingga Rp 10 Ribu.
Seperti halnya yang dialami oleh salah satu warga Bitung Wilson Wonte, yang mengaku jika pada Senin (27/2) kemarin ketika hendak masuk ke area Pelabuhan Perikanan dirinya harus membayar retribusi sebesar Rp 10 Ribu.
”Pada Senin kemarin ketika saya masuk ke areal pelabuhan Perikanan, saya terpaksa harus membayar Rp 10 Ribu untuk biaya retribusi. Karena uang yang saya berikan Rp 100 Ribu ketika dikembalikan tinggal Rp 90 Ribu.” terang Wilson, Selasa (28/2/2012).
Ironisnya setelah membayar Retribusi, kata Wilson si petugas awalnya tidak memberikan karcis retribusi, dan nanti dipaksa si petugas baru memberikan karcis sebagai tanda masuk. Namun setelah diteliti ternyata karcis yang bertuliskan Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Tangkap Pelbuhan Perikanan Samudera Bitung, hanya Rp 300 Rupiah.
”Saya minta aparat hukum segera melidik dugaan pungli di pos masuk Pelabuhan Perikanan Bitung ini, karena jika dibiarkan ini akan sangat merugikan warga, apalagi warga yang masuk menggunakan kendaraan roda dua di area Pelabuhan Perikanan ini, setiap harinya sangat banyak ” tandas Wilson yang juga salah satu wartawan Media Cetak Biro Bitung ini.
Sejumlah petugas yang bertugas di Pos Pelbuhan Perikanan ini ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan, membantah jika mereka telah melakukan pungli dan mengaku biaya retribusi yang dibebankan Rp 1.000.
”Yang ditagih pada kendaraan yang masuk hanya Rp 1000, ” jelas mereka.
Namun ketika ditanyai kenapa jumlah yang tertera tidak sama dengan jumlah yang ditagih, mereka berdalih bahwa ini mereka lakukan karena tidak ada uang kembalian.
Sementara itu Kepala Pelabuhan Perikanan Bitung, ketika hendak dikonfirmasi terkait dugaan Pungli yang dilakukan oleh oknum petugas Palbuhan Perikanan, tidak berada di tempat. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading