Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Warga Minta Kejari Bitung Desak PT Pelindo Lunasi Hutang

Aldy Monareh   |   29 Desember 2011 – 19:56 WITA

Bitung, MTC – Sejumlah elemen masyarakat Kota Bitung, meminta agar Kejaksaan Negeri Bitung (Kejari) mendesak PT Pelindo Bitung segera melunasi hutang IMB Pelabuhan Peti Kemas ke Pemkot Bitung. Sebab menurut mereka uang tersebut adalah uang rakyat yang harus dibayarkan.
Hal ini diungkapkan Sekretaris DPW Komisi Pemantau Asset dan Kekayaan Negara (KOMPASKN) Sulut, Jemmy Mamesah, kepada sejumlah wartawan, Kamis, (29/12/2011).
Menurutnya desakan ini dilakukan semat-mata untuk menyelamatkan uang Negara, apalagi dalam putusan Hakim Pengadilan Negeri Bitung PT Pelindo diwajibkan membayar hutang sebesar Rp 483 Juta ke Pemkot Bitung.
“Belum dibayarkan sisa hutang retribusi IMB PT Pelindo ke Pemkot Bitung, akibatnya onum Kadis HD Soetanto dijatuhi hukuman 6 bulan tahanan ditambah denda Rp 50 juta oleh PN Bitung, karena diduga telah melakukan korupsi. Harusnya pihak Kejaksaan juga mendesak PT Pelindo membayar sisa hutangnya, kalau memang Kejaksanaan mau menyelamatkan uang Negara,” tandas Mamesah.
Lebih lanjut dikatakan Mamesah, jika memang kejaksaan tidak memihak tentunya mreka harus meminta PT Pelindo melunasi sisa hutangnya, apaladi hal ini sudah diputuskan Pengadilan Negeri Bitung, bukan sebaliknya melakukan banding atas putusan pengadilan, yang bias saja menutup peluang PT pelindo membayar hutangnya.
“Kami juga memberikan batas waktu hingga Januari 2012 mendatang, jika sampai batas waktu tidak ada tindaklanjut, kami akan melaporkan hal ini ke Kejaksaan Tinggi bahkan sampai ke Mahkamah Agung,” tegasnya.
Ia juga mepersoalkan, surat penagihan Wakil Walikota dan Sekretaris Kota Bitung yang hingga kini tidak pernah dijawab dan terkesan diabaikan PT Pelindo.
“PT Pelindo harus membayar hutang ini, apalagi ini adalah uang Rakyat,” tukas Mamesah diiyakan personil LSM Pasela Kota Bitung Samsi Hima.
Sementara itu Humas PT Pelindo Bitung Yunus Kusnaeni ketika dikonfirmasi manadotoday, Kamis (29/12/2011), terkait surat tagihan Wakil Walikota dan Sekretaris Bitung mengungkapkan bahwa, kemungkinan surat tersebut sudah mendapat balasan dari pihak Direksi.
“Karena surat ditujukan ke Direksi PT Pelindo, maka jawabannya lansung ditujukan ke Wakil Walikota Bitung. Dan kemungkinan sudah mendapat balasan dari direksi,” jelasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading