Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Warga Minta PELNI Perjelas Retribusi Pengiriman di Pelabuhan Samudera Bitung

Aldy Monareh   |   26 November 2011 – 20:14 WITA

Bitung, MTC – Sejumlah warga yang sering menggunakan jasa pengiriman melalui Kapal Muatan (KM) milik Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI), meminta PELNI memperjelas biaya Retribusi pengirian barang.
Pasalnya ketika akan melakukan pengiriman barang banyak biaya retribusi yang dikenakan oleh para petugas yang notabene bukan pegawai PELNI di areal pelabuhan, padahal sudah mengantongi ijin dari Pihak PELNI sebagai instansi yang berkompeten.
”Ini sangat memberatkan, dan sudah berlangsung lama,” ujar warga Bitung yang sering menggunakan jasa pengiriman barang melalui Kapal PELNI, namun enggan diberitakan namanya.
Para petugas yang melakukan panagihan ini beralasan ini untuk Retribusi lainnya. Namun ketika ditanya tak mampu memberikan penjelasan lebih.
”Meski kami sudah menunjukan surat keterangan pengiriman barang dari PELNI tetap saja barang kami ditahan. Dan ujung-ujungnya kami dimintai biaya Retribusi yang tidak jelas. Kami minta pihak PELNI perjelas retribusi yang sebenarnya. Karena kami menduga Retribusi yang sering kami bayarkan di dalam areal pelabuhan adalah Pungli,” ujarnya.
Menanggapi hal ini, Kepala Operasi PT PELNI Bitung, Suprihatin mengatakan bahwa warga yang mengantongi ijin muatan dari PT PELNI, tidak akan dibebankan biaya lagi.
”Jika ada tagihan lain itu bukan kewenangan PT Pelni. Dan jika itu adalah Pungli silahkan lapor ke pihak terkait. Namun yang jelas jika sudah mengantongi ijin muatan pengiriman barang dari PT Pelni, pengirim tidak akan dikenakan biaya lagi,” ujar Suprihatin sembari menambahkan akan menyampaikan hal ini dalam rapat koordinasi bersama PT Pelindo, Adpel, KP3 serta instansi terkait lainnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading