Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Warga Nilai Dishut Minsel Arogan !

Manado Today   |   16 Maret 2011 – 20:24 WITA

Motoling Today – Dinas Kehutanan Minahasa Selatan, akhirnya dinilai arogan oleh masyarakat disejumlah Desa yang ada di Kecamatan Motoling Barat. Pasalnya, aksi penyitaan kayu terhadap sejumlah warga, yang dilakukan oleh Polis Hutan (Polhut) Rabu (16/03/2011), dinilai tidak berdasarkan aturan yang berlaku.

Hukum Tua Desa Raanan Baru Satu, Moddy Onibala dan sejumlah tokoh masyarakat Motoling Barat mengatakan, mereka sangat menyayangkan aksi arogan yang dilakukan oleh dinas Kehutanan. Sebab, kayu yang disita oleh Polhut, adalah kayu olahan warga sendiri.

“Itu kayu olahan kami sendiri yang jauh hutan lindung di Gunung Lolombulan. Kami heran, para Polisi kehutanan, hanya melakukan operasi di perkebunan atau di tanah milik warga,” ujarnya mereka kepada manadotoday.

Selain itu pemerintah Desa dan masyarakat mempertanyakan prosedur penyitaan barang bukti yang dilakukan itu, sebab sesuai aturan penyitaan dapat dilakukan kalau ada izin dari pihak Pengadilan Negeri (PN).

“Ini bukan penyitaan, tapi pencurian, dalam waktu dekat ini, kami akan menggunakan kuasa hukum untuk menempuh jalur hukum mengenai prosedur penyitaan kayu di perkebunan yang dilakukan oleh dinas kehutanan,” ujar Onibala yang ikut dibenarkan oleh sejumlah tokoh masyarakat.

Sementara itu, Kadis Kehutanan Minsel, R Ruminjap SE, mengatakan penyitaan kayu olahan yang dilakukan pihaknya, untuk kayu yang berasal dari kawasan hutan lindung. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading