Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Warga Nilai Dispertanak Minsel ‘Kurang Bergairah’

Staff Manado Today   |   7 Mei 2011 – 20:38 WITA

Amurang Today – Untuk pengembangan bidang pertanian yang ada di kabupaten minahasa selatan (Minsel) sejak memasuki tahun 2011 ini, nampaknya kurang bergairah. Pasalnya dari sejumlah potensi dan langkah jitu yang diharapkan yang dapat di kembangkan oleh pemerintah melalui instansi terkait, untuk tahun ini seakan tak akan keluar dan mati suri.Menurut pengamatan warga, seharusnya terobosan serta langkah jitu sudah di ambil oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) minsel. namun kenyataannya, instansi tersebut hanya terlihat tidur bahkan mati suri dan tidak memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pertanian yang ada.

” Kami lihat kenyataannya seperti itu sampai sudah memasuki triwulan kedua, dinas tersebut tidak ada gebrakan yang di lakukan oleh dinas tersebut,malah kalau kita lihat dinas tersebut, sepertinya sudah mati suri dan makin terpuruk,” ujar Kendy Kodongan generasi muda minsel.

Kodongan menambahkan, bahwa yang lebih menarik lagi, potensi minahasa selatan (Minsel) yang sangat kaya dengan holtikutura itu, malahan terlihat jalan ditempat. Strategi untuk mengembangkan sejumlah sektor dibidang pertanian,tak kelihatan berjalan mulus. Hanya saja, ada program yang di jalankan namun terlihatstandar-standar saja.

“Ini harus di perhatikan oleh pihak pemkab lebih khusus Dinas terkait, sebab ini sudah sanga jauh berbeda tidak seperti yang lalu. Pertanian sekarang kelihatannya sudah menurun sangat jauh bahkan mati suri,” sindirnya.

Dia juga menyarankan agarinstansi terkait dapat memberikan jaminan dan perhatian lebih kepada para petani. langkah yang harus di ambil oleh dinas terkait, melakukan pendekatan kepada pihak ketiga untuk menangulangi masalah bantuan bibit,karena ini sangat penting untuk di lakukan.

“Coba kita lihat, biasanya bantuan akan datang dari pusat sekitar bulan mei dan juni, inipun untuk mengatisipasi bulan januari sampai dengan april, oleh karena itu kami minta Dispertanak harus lebih jeli untuk mengambil tindakan dan ambil sikap untuk menyediakan bibit kepada para petani yang ada di minsel untuk di pakai,supaya para petani tersebut rajin menanam,” saran Kodongan.

Sayangnya Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Ir Decky Keintjem ketika di konfirmasi manadotoday sabtu (07/05/2011) lewat via telefon selulernya, belum bisa dihubungi karena telepon selulernya dalam keadaan tidak aktif. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading