Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Warga Pertanyakan Penggunaan Ambulans di Puskesmas

Staff Manado Today   |   30 Mei 2011 – 14:57 WITA

Amurang Today — Penggunaan kendaraan dinas milik pemerintahan kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) khususnya kendaraan ambulans yang ditempatkan di Puskesmas, dipertanyakan warga. Pasalnya, masyarakat mengaku kesulitan untuk bisa menggunakan sarana ambulans tersebut.

Sejumlah warga Motoling mencontohkan, peristiwa temuan mayat yang terjadi di Kakenturan baru-baru ini, mobil ambulans milik pemerintah tersebut, tak bisa dipakai untuk membawa mayat ke RS Malayang untuk diotopsi.

“Secara manusiawi memang sudah meninggal. Tapi, sayangnya sarana dan prasarana milik pemerintah itu, tak bisa dimanfaatkan dalam melakukan kerjasama dengan pihak kepolisian bahkan keluarga serta masyarakat sekalipun. Bukan hanya itu, kami menilai ambulan tersebut hanya dipakai oleh pihak puskemas secara pribadi saja,” tutur sejumlah warga kepada manadotoday yang meminta nama mereka jangan ditulis.

Hal yang sama juga pernah terjadi di kecamatan Tareran. Ambulans pemerintah pun tak bisa dipakai untuk membawa korban. Ironisnya, ketika masyarakat akan menggunakan ambulans ke rumah sakit jauh dari daerah harus mengeluarkan dana yang besar.

“Iti harus menjadi evaluasi pemerintah,” kata warga Tareran.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Minsel, dr Jeffry Rogi ketika dimintai keterangan oleh manadotoday Senin (30/05/2011) mengatakan, memang untuk ambulans tidak diperuntukkan untuk membawa mayat melainkan pasien.

“Jadi ambulan tersebut hanya untuk pasien. Kecuali, pasien yang dibawa kemudian meninggal dalam perjalanan maka itu dimungkinkan,” ujar Rogi. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading