Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Warga Poigar Tolak Perusahan Pasir Besi

David Masengi   |   14 Juni 2012 – 16:26 WITA

SINONSAYANG (manadotoday.com) – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) mendatangkan Investor guna melakukan pengelolaan pasir besi di Desa Poigar 1 dan 2 Kecamatan Sinonsayang, mendapat penolakan warga setempat.

Sebab warga khawatir kehadiran perusahaan pengolah pasir besi akan mengancam masyarakat sekitar terlebih khusus warga yang tinggal dikawasan pantai.

“Kami minta pemerintah daerah dan pemerintah kecamatan agar bisa menjelaskan kehadiran perusahaan yang akan mengelola pasir besi. Karena kami kawatir ini akan berdampak buruk terhadap pemukiman kami,” Ujar Fanny Polla warga Mitra.

Menurut dia, pemerintah harus menjelaskan sejauh mana dampak hadirnya perusahaan ini terhadap lingkungan masyarakat dan kelestarian alam sekitar.

“Tapi yang pasti kami warga sudah komitmen tidak mengizinkan beroperasinya perusahaan untuk mengelolah pasir besi. Tapi tentunya hal ini dilakukan dengan tidak mengganggu situasi kamtibmas di desa kami,” ujar Polla yang mengaku sudah menerima sejumlah aspirasi masyarakat di dua desa itu.

Senada dikatakan Novel Paputungan, warga Desa Poigar 2, dia meminta pemerintah harus mengkaji lebih lagi rencana tersebut.

Apalagi di sejumlah wilayah di Sulut, aktivitas perusahaan pasir besi selalu mendapat penolakan.

“Lebih khusus pemerintah desa untuk mengambil langkah tegas dan berkoordinasi dengan masyarakat. Karena kawasan pantai juga merupakan sarana hiburan bagi warga. Takutnya ketika pengerukan pasir dilakukan, kondisi pantai akan menjadi dalam,” tutur Paputungan.

Perlu diketahui, rencana masuknya perusahaan pasir besi di dua desa itu sudah sejak dua bulan lalu. Bahkan, beberapa tim pengkaji perusahaan sudah mendatangi lokasi pantai dua desa tersebut.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading