Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Warga Sorot Aktivitas Perusahaan Kerang Mutiara di Basaan

Redaksi Manado Today   |   4 Maret 2011 – 15:06 WITA

Manado Today- Aktivitas perusahaan kerang mutiara di daerah Basaan Kecamatan Belang Minahasa Tenggara (Mitra), mulai mendapat sorotan warga, akibat terindikasi tak melaksanakan kewajiaban terhadap Pendapatan Asli daerah (PAD) Mitra.

“Sangat disesalkan kalau enam tahun beroperasi perusahaan kerang mutiara yang berlokasi di daerah Basaan belum memberikan PAD ke Pemkab. Ini perlu dipertanyakan ke dinas kelautan dan perikanan, jangan-jangan ada permainan,” kata sejumlah warga sebagaimana disampaikan kepada anggota DPRD Kabupaten Mitra, H Rakimin Ibrahim SE.

Menurut personel Komisi B DPRD Mitra tersebut, yang juga dipertanyakan warga adalah izin dari perusahaan tersebut, di mana ketika mereka meminta hal itu ke dinas terkait, tidak pernah diberikan, sehingga tak diketahui operasional perusahaan sampai kapan, dan luas daerah pemanfaatan juga tak jelas.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Mitra, Ir George Ruata yang dikonfirmasi mengakui bahwa memang belum ada kontribusi dari perusahaan tersebut untuk PAD Mitra. “Ada banyak hambatan yang dialami perusahan, antara lain banyak kerang yang mati dan tidak bisa berbudidaya,” terangnya.Menurut Ruata, pihaknya sudah berulang kali mengkomunikasikan hal ini ke pihak perusahaan, tetapi memang kendala tersebutlah yang dihadapi perusahaan. “Bahkan mereka mengancam kalau terus ditekan soal kewajiban PAD, mereka akan meninggalkan Mitra. Ini juga kan tidak sehat bagi iklim investasi,” terangnya.

Soal tak ada masyarakat setempat yang dipekerjakan di perusahaan itu, Ruata menepisnya. “Ada warga lokal yang bekerja di situ. Tapi untuk lebih jelasnya, mungkin bisa dikondisikan media berkunjung kesana,” pungkasnya.(vel

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading