Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Warga Soroti Pengurusan SPB

Manado Today   |   6 Januari 2011 – 23:17 WITA

Bitung Today – Warga Masyarakat Bitung menyoroti pengurusan ijin surat perstujuan berlayar (SPB), yang dinilai tumpang tindih. Pasalnya, untuk mendapatkan SPB, pengusaha pelayaran harus melalui dua pintu. Hal itu dikarenakan, Dinas Perikanan dan Administrator Pelabuhan (Adpel) Bitung mewajibkan pengusaha perikanan untuk mengurus SPB di kedua instansi tersebut.‘’Secara umum, pengurusan SPB kewenangan Direktorat Perhubungan Laut, belakangan Dinas Perikanan juga mewajibkan pengusaha perikanan untuk mengurus SPB di instansi tersebut, sehingga hal itu dinilai tumpah tindih aturan oleh ketua instansi pemerintah itu,” ujar salah satu warga yang mewanti wanti agar namanya tidak diberitakan. .

Menurutnya dapat dibayangkan berapa banyak kerugian yang dialami karena hanya untuk mengurus administrasi yang sama pada dua instansi yang berbeda.

“Aturan yang ada, jelas sangat memberatkan,” ketusnya.

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Sunaryo SH usai mengikuti apel serah terima jabatan di lingkungan Dirjen Perhubungan laut yang digelar di terminal pelabuhan Bitung, Kamis (06/01/2011) mengungkapkan, tidak ada yang salah dalam aturan tersebut.

“Pengurusan SPB di instansi perikanan juga diatur dalam UU perikanan. Meski dalam pengurusan ini merupakan kewenangan Direktorat Perhubungan Laut.” terangnya.

Dia juga mengakui tidak setuju dengan adanya aturan yang sama soal pengurusan SPB karena yang berlayara adalah kapal yang kewenangannya adalah Dirjen Perhubungan Laut.

“Jika memang bandar Perikanan mampu, silahkan Dinas Perikanan menangani hal ini. asalkan dalam pengurusannya tidak sampai membebani masyarakat. “ tukasnya menambahkan terkait hal ini pihaknya akan terus melakukan koordinasi. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading