Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Warga Toyopon Minta Perhatian Pemkab Minsel

David Masengi   |   25 Juli 2012 – 22:08 WITA

Puluhan Tahun Nikmati Jalan Rusak

MOTOLING, (manadotoday.com) Pembangunan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sampai saat ini tidak merata sehingga belum sepenuhnya dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Bukti kongkritnya beberapa daerah di Kabupaten Minahasa Selatan terus mengeluh karena kurangnya perhatian pemerintah daerah terhadap pembangunan Infrastruktur seperti jalan, talud dan drainase.

Lebih ironis lagi di beberapa Desa  ternyata ada yang sudah puluhan tahun bahkan mulai berdirinya Desa tersebut belum pernah tersentuh aspal. Hak ini tentu saja sangat kontradiktif dengan beberapa daerah yang sudah lama menikmati hot mix.

Desa Toyopon Kecamatan Motoling Barat misalnya, menurut pengakuan warga setempat sejak berdirinya Desa tersebut belum pernah sekalipun diperbaiki, bahkan di aspal ruas jalan atau akses masuk ke Desa tersebut. Padahal perbaikan jalan ini sudah lama didambakan warga. Mengingat ruas jalan ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi warga memasarkan hasil bumi.

”Jika jalan terus begini (rusak, red) biaya yang akan dikeluarkan pasti tinggi, sehingga tidak akan seimbang lagi dengan hasil pertanian yang akan dipasarkan,” ujar Max Mokalu warga setempat kepada manadotoday.

Ia juga mengaku kecewa dengan pemerintah dan anggota DPRD Dapil II yang tidak mampu memperjuangkan keinginan warga. Karena jika dilihat hampir sebagian besar jalan desa di Minsel sudah di hotmix. Namun Kenapa justru jalan Desa Toyopon belum juga di perbaiki dan di aspal.

”Ini kan artinya pemerintah terkesan hanya memandang sebelah mata, padahal sudah beberapa kali berjanji akan melakukan perbaikan. Begitupun dengan anggota DPRD Dapil II yang tidak peka melihat kebutuhan warga. Dan sebagai warga kami juga berhak menuntut pemerataan pembangunan, karena kami juga bayar pajak,” ketusnya.

Meski demikian, Ia tetap  berharap kali ini pemerintah akan memperhatikan aspirasinya.

”Kami minta jangan hanya sebatas memberi janji manis tanpa realisasi. Agar kami juga akan menikmati hotmix seperti daerah lain, bukan hanya terus menikmati jalan rusak seperti saat ini,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas PU Minsel Ir Joutje Tuerah, ST Msi ketika dikonfirmasi manadotoday berjanji bahwa pihaknya akan melakukan perbaikan semua jalan masuk desa termasuk jalan masuk Desa Toyopon, meskipun anggaran untuk itu hanya sedikit.

”Sesuai petunjuk Bupati prioritas perbaikan jalan yakni jalan masuk desa. Salah satunya jalan yang ada di Desa Toyopon,” janjinya. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading