Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Info Today

Wartawan Asing Tak Diijinkan Masuk di Lokasi ARF-Direx

Redaksi Manado Today   |   15 Maret 2011 – 13:27 WITA

Manado Today – Salah satu wartawan asing dari Hawaii, Amerika Serikat, Julie Albers, harus kecewa setelah tidak bisa meliput langsung pembukaan pelaksanaan ASEAN Regional Forum-Disaster Relief Exercise (ARF-Direx) di Manado, Selasa, karena terlambat ke lokasi.

“Saya menyesal tidak bisa meliput kegiatan penting itu, hanya karena terlambat datang dan dilarang masuk tim pengamanan,” kata Julie, mewakili rekan-rekan jurnalis lainnya yang tidak masuk pada kegiatan tersebut.

Julie mengaku kecewa karena sudah datang jauh-jauh dari Hawaii hanya untuk meliput kegiatan itu, sekaligus akan disosialisasikan kepada warga masyarakat di negaranya. Apalagi kepulauan Hawaii merupakan wilayah dengan terbentang luas laut yang bisa saja berpotensi terjadi gempa bumi dan gelombang tsunami.

Kegiatan ARF Direx atau latihan bersama internasional penanggulangan bencana itu, dibuka langsung Wapres Boediono dan disaksikan para tamu dari perwakilan 20 negara undangan dan ASEAN serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Bahkan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Makiko Kikuta turut terlibat langsung menyaksikan kegiatan itu, dan berharap menjadi momentum kerja sama antar negara dibidang penanggulangan bencana.

“Saya sudah mengurusi izin peliputan dan sebagainya tetapi tidak masuk. Tetapi bagi saya kegiatan ini tetap berkesan karena kegiatan atraksi penyelamatan sangat baik,” katanya.

Sementara itu, beberapa jurnalis dari Kota Manado mengakui prihatin melihat jurnalis asing yang tidak sempat meliput pembukaan kegiatan yang dilakukan Wapres Boediono. “Seharusnya diizinkan masuk, karena memang lokasi pintu masuk masih sangat jauh dengan panggung utama yang dihadiri pejabat negara dan tamu asing,” kata Hence Paat dan David Mandey, wartawan dari Manado. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading