Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Wawali dan Sekkot Manado Main Gateball

Aldi Mawitjere   |   3 Agustus 2012 – 16:33 WITA
Wawali manado main Gateball

Wawali Manado saat memainkan Gateball (ist)

MANADO, (manadotoday.com) – Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan, bersama Sekretaris Kota Manado Ir Haerfey Sendoh serta sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Jumat (3/8/2012) mengikuti kegiatan olahraga Gateball di lapangan Sparta Tikala.

Gateball merupakan jenis olahraga baru yang diperkenalkan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia yang diketuai Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.

Jenis olah raga beregu yang berasal dari Jepang tersebut dimainkan 5 orang dalam satu regu, dan dimungkinkan dimainkan secara perorangan, berdua atau bertiga.

Olahraga ini juga merupakan perpaduan antara golf dan biliar. Bolanya yang berwarna merah dan putih memiliki besar seperti bola biliar. Stik pemukul bolanya terbuat dari besi berbentuk huruf T menyerupai stik golf.

Olahraga ini juga bisa dimainkan semua lapisan masyarakat dan semua golongan usia mulai dari anak-anak sampai usia lanjut, baik pria maupun wanita.

Cara memainkannya menyerupai golf dan biliar. Dimainkan dalam lapangan mini berukuran 15 x 20 meter. Memiliki 3 gawang/pintu yang terbuat dari besi dengan ukuran 20×20 cm, dan terdapat 1 tiang lurus antara dua gawang dengan nama Gate Pool (GP) untuk mengakiri permainan.

“Bisa dimainkan di dalam ruangan dan di lapangan terbuka,”ujar juru bicara Pemkot Manado, Drs Soleman Montori.

Menurut salah seorang pengurus Pergatsi pusat, olah raga gateball yang diperkenalkan atau dipopulerkan pertama kali oleh bangsa Jepang sangat besar manfaatnya bagi kesehatan jasmani dan rohani seperti menjunjung tinggi sportivitas, melatih kedisiplinan, kesabaran, ketabahan, ketekunan dan melatih kerja sama dengan sesama anggota tim.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading