Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Wawali Manado Buka Rakor Multi Pihak

Aldi Mawitjere   |   17 Juli 2012 – 11:23 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan SE MSM, Selasa (17/7/2012) di Hotel Quality membuka secara resmi rapat koordinasi Multi Pihak, penanggulangan kemiskinan kerja sama Kementerian Koordinasi bidang kesejahteraan rakyat RI dengan Pemkot Manado.

Menurut pria yang akrab dengan panggilan Bang Ai tersebut, kemiskinan sangat kompleks dan luas. Olehnya, berbagai faktor yang mempengaruhi dan berkaitan diantaranya pendidikan yang rendah, kesehatan, kondisi geografis tidak atau kurang memiliki barang dan jasa,  kondisi lingkungan, bias gender, pemberdayaan yang minim dari stakeholder,  dan program pemerintah yang belum maksimal atau masa bodohnya masyarakat yang senang dengan kemiskinan karena selalu menerima/diberi bantuan.

“Untuk menanggulangi permasalahan kemiskinan berbagai program pemerintah telah dicetuskan dan dijalankan, namun angka kemiskinan masih tetap tinggi, ini mengindikasikan bahwa program-program penanggulangan kemiskinan belum terlaksana secara optimal. Ada masyarakat yang betul-betul miskin dan ada yang saat didata malu mengaku orang miskin,” ujar Bang Ai.

Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan RI diwakili Hadi Santoso selaku Asisten Deputi Urusan Pengarustamaan Kebijakan dan Anggaran dalam sambutannya mengatakan bahwa karakteristik kemiskinan sangat kompleks,  antara lain diakibatkan oleh budaya, adat istiadat dan pola pikir.

“Tidak miskin atau hampir tidak miskin menjadi miskin kembali karena diakibatkan oleh bencana alam seperti banjir, longsor, kebakaran, tsunami, gempa bumi, atau karena wabah penyakit, kecelakaan dan sebagainya,” ujar Santoso.

Menurut kepala Bappeda Manado, Andre Hosang SE Msi, tujuan rapat kordinasi adalah untuk terwujudnya sinergitas dan sinkronisasi program-program penanggulangan kemiskinan.

Peserta rapat yang hadir terdiri dari Bappeda, Dinas Sosial, BPMK, Kantor Statistik, Dinas PU, dosen/akademisi, BKB-PP, dan Perwakilan Perbankan.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading