Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Wisman ke Manado Menurun Drastis

Aldi Mawitjere   |   18 November 2011 – 10:02 WITA

Manado, MTC – Akademisi dan pengama kepariwisataan di Kota Manado, menyatakan bahwa perlu ada langkah kongkrit bersama untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan agar datang ke Manado. Banyak hal yang harus dibenahi bersama, termasuk dukungan para pelaku usaha di Kota Manado.
Alhasil, terkait dengan pelaksanaan Rakorev Pelaku Usaha, salah satu pembicara dari kalangan akademisi Alva Tumbuan PhD mengatakan, Kota Manado sebenarnya indah, namun keberadaan Taman Laut Nasional Bunaken yang kotor menjadi salah satu faktor sehingga Bunaken kurang diminati oleh wisatawan.
“Lihat saja, Pulau Wakatobi jauh lebih terkenal dibandingkan Bunaken, ini fakta,” ucapnya sembari mengajak seluruh pelaku usaha untuk memulai langkah strategis dalam menciptakan nilai, kepuasaan dan loyalitas bagi para wisatawan.
Hal yang sama juga disampaikan pemerhati pariwisata, Jack Parera bahwa jumlah wisman ke Manado tahun terakhir ini tinggal 14 ribu orang saja, jumlah ini, menurutnya, sangat jauh dibandingkan dengan Bali yang memiliki wisman sekitar 2 juta.
Untuk itulah, sambung Parera, harus ada terobosan-terobosan baru yang dilakukan Pemkot dan masyarakat Manado, misalnya mengembangkan kembali kebudayaan orang Manado seperti tari maengket, musik bambu klarinet, tarian tumetenden. Begitu pun dengan objek wisata alam dan budaya yang kurang berkembang dan itu-itu saja, contohnya Danau Tondano merosot popularitasnya karena hampir 30 persen luasnya telah ditutupi eceng gondok, padahal danau ini merupakan jalur high land tour yang akan memakan waktu hampir satu hari.
“Ini semua harus kita benahi, pelaku usaha pariwisata juga harus mempercantik lokasi dan bangunan usahanya serta memberikan pelayanan terbaik,” pesan mantan Kadis Pariwisata Propinsi Sulut itu.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading