Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Wowor: Ketersediaan Listrik Penentu Capaian Pembangunan dan Penggerak Perekonomian

Staff Manado Today   |   31 Mei 2011 – 20:12 WITA
Alex Wowor

Alex Wowor

Manado Today – Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang melalui Asisten II bidang Ekonomi Pembagunan Ir Alex Wowor mengatakan, ketersediaan listrik merupakan faktor yang menentukan untuk pencapaian sasaran pembangunan nasional dan penggerak roda perekonomian.

Untuk itu, Pemprov Sulut tetap berusaha mengatasi krisis listrik dengan berbagai kebijakan pemerintah. Hal itu disampaikannya, dalam seminar sinergitas Pemprov Sulut bersama PT. PLN wilayah Suluttenggo dalam mengatasi ketersediaan listrik melalui regulasi kelistrikan nasional, Selasa (31/05/2011).

“Ketergantungan masyarakat pada tenaga listrik semakin tinggi. Untuk itu Pemprov akan berupaya mengatasi ketersediaan listrik di Sulut, sebagai penggerak roda perekonomian dan pembangunan,” kata Wowor.

Disampaikannya lagi, sesuai data hingga bulan April 2011, listrik di Sulut terpasang 262.433 MW. Sementara untuk daya mampu 195.162 MW dan beban puncak 180.078 MW, dengan jumlah pelanggan 390.383 MW. Namun, dengan dimilikinya 11 pembangkit listrik di Sulut, kelistrikan di daerah ini dapat diatasi.

“Kami juga akan menerapkan kebijakan potensi pembangunan kelistrikan, sepertihalnya di Amurang dengan 20 MW, ” katanya.

Selain itu, Pemprov juga sudah merencanakan pembangunan pembangkit tenaga listrik, sejak tahun 2010 hingga 2019 mendatang. Contohnya, pembangkit listrik lahendong IV, dengan kapasitas 20 MW, Tompaso I kapasitas 20 MW, Kotamobagu I dan II kapasitas 2×40 MW, serta panas bumi yang ada di enam lokasi di Airmadidi, Gunung dua sudara, Lahendong, Tompaso, Gunung Ambang, Kotamobagu.

“Itu kami upayakan hingga 2019 mendatang, dan beberapa diantaranya sudah dalam proses pengerjaan,” terang mantan Kepala Dinas PU Sulut itu. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading