Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Zougira : PNPM Dicairkan Dalam Tiga Tahap

Aldi Mawitjere   |   23 Oktober 2011 – 08:33 WITA

Manadotoday.com, Manado – Berdasarkan ketentuan yang ditetapkan pencairan dana PNPM dibagi atas tiga bagian dengan nilai yang berbeda. Demikia disampaikan Kepala Sub Bidang Fasilitasi Bidang Fisik dan Prasanara Bappeda Manado, Edwin Zougira.

“Untuk menyelesaikan proyek PNPM dibagi tiga tahap yakni tahap satu dana yang akan disalurkan itu sebesar 30 persen dari jumlah anggaran yang ditetapkan untuk satu Kelurahan, tahap kedua sebesar 60 persen dan terakhir 10 persen,” kata Zougira.

Ia menambahkan besaran dana yang dikucurkan bagi setiap kelurahan penerima berbeda-beda, tergantung dari jumlah kebutuhan di Kelurahan tersebut.

“Jika tingkat kemiskinan kurang, maka dana PNPM Mandiri yang akan dikucurkan sedikit, tetap jika angka kemiskinannya tinggi, maka akan besar dananya,”terangnya.

Zougira mengatakan, kegiatan dalam PNPM Mandiri ini ada tiga bagian yakni sosial, ekonomi dan fisik lingkungan. Untuk kegiatan sosial tujuannya membantu masyarakat dari segi sosial seperti menjadikan membantu anak-anak putus sekolah dengan cara membuat kegiatan perekonomian di lingkungan dan hasilnya dipakai untuk mendanai anak-anak putus sekolah.

Untuk kegiatan ekonomi tujuannya adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan membantu usaha kecil yang dikelola masyarakat supaya lebih baik dan hasilnya lebih tinggi. Sedangkan fisik lingkungan akan digunakan untuk memperbaiki saluran air, jalan setapak dan lainnya yang merupakan kebutuhan di lingkungan.(ann/ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading